Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Cartoon Story Maker Berbasis Networked di Kelas III SD

Wandriyati, Erisa (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Cartoon Story Maker Berbasis Networked di Kelas III SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Erisa_Wandriyati_18129046_5447_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan siswa kelas III SD masih sederhana dan berupa pertanyaan (soal) sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD tematik terpadu yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakna aplikasi Cartoon Story Maker berbasis Networked di kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan ADDIE tahap I yaitu Analysis, tahap II yaitu Design, tahap III yaitu Development, tahap IV yaitu Implementation, tahap V yaitu Evaluation. LKPD yang dirancang ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Untuk praktikalitas dilakukan dengan memberikan angket respon guru dan angket reapon peserta didik. Subjek uji coba produk yang sudah dirancang sebanyak 20 peserta didik di kelas III SDN 07 Sungai Rumbai dan subjek penelitian produk sebanyak 24 peserta didik di kelas III SDN 02 Sungai Rumbai. Hasil dari penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Cartoon Story Maker Berbasis Networked di Kelas III SD diperoleh hasil validitas materi 91,6 % dengan kategori valid, hasil validitas bahasa 90,6% dengan kategori valid, hasil validitas media 92,7% dengan kategori valid. Sedangkan hasil angket respon guru memperoleh hasil 90,6% dan angket respon peserta didik memperoleh hasil 93,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Cartoon Story Maker Berbasis Networked di Kelas III SD sudah valid dan praktis di gunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:07
Last Modified: 29 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48545

Actions (login required)

View Item View Item