Wandriyati, Erisa
(2023)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Cartoon Story
Maker Berbasis Networked di Kelas III SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan siswa kelas III SD
masih sederhana dan berupa pertanyaan (soal) sehingga membuat siswa kurang
tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD tematik
terpadu yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakna aplikasi Cartoon
Story Maker berbasis Networked di kelas III SD yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D).
Dengan model pengembangan ADDIE tahap I yaitu Analysis, tahap II yaitu
Design, tahap III yaitu Development, tahap IV yaitu Implementation, tahap V
yaitu Evaluation. LKPD yang dirancang ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli
materi, ahli bahasa dan ahli media. Untuk praktikalitas dilakukan dengan
memberikan angket respon guru dan angket reapon peserta didik. Subjek uji coba
produk yang sudah dirancang sebanyak 20 peserta didik di kelas III SDN 07
Sungai Rumbai dan subjek penelitian produk sebanyak 24 peserta didik di kelas
III SDN 02 Sungai Rumbai.
Hasil dari penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Cartoon Story Maker
Berbasis Networked di Kelas III SD diperoleh hasil validitas materi 91,6 %
dengan kategori valid, hasil validitas bahasa 90,6% dengan kategori valid, hasil
validitas media 92,7% dengan kategori valid. Sedangkan hasil angket respon guru
memperoleh hasil 90,6% dan angket respon peserta didik memperoleh hasil
93,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik
pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Cartoon Story
Maker Berbasis Networked di Kelas III SD sudah valid dan praktis di gunakan.
Actions (login required)
|
View Item |