Pengembangan Media Video Animasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP

Ahmad, Ade Farid (2023) Pengembangan Media Video Animasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ADE_FARID_AHMAD_18004110_6046_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan Media Video Animasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP dilakukan sebagai upaya mengatasi masalah belajar yang terjadi di SMP 1 Sutera yakni, guru menjelaskan pembelajaran dalam kelas menggunakan metode ceramah, media pembelajaran yang dipakai oleh guru masih bersifat konvensional dan hasil belajar siswa yang rendah dan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Video Animasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 tahapan pengembangan. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri atas satu orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Ujicoba produk dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sutera dengan jumlah 20 siswa untuk menguji kepraktisan produk media video animasi yang telah dirancang. Instrument yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi rata-rata 4,3 dari skala 5,0 dengan persentase 85% dikategorikan sangat valid, hasil validasi dari ahli media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,75 dari skala 5,0 dengan persentasi 96% dikategorikan sangat valid dan hasil validitas dari ahli media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,6 dari skala 5,0 dengan persentasi 92% dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 4,66 dari skala 5,0 dengan persentase 93% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP yang dikembangkan valid dan praktis sehingga layak digunakan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:37
Last Modified: 04 Dec 2023 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48535

Actions (login required)

View Item View Item