Ahmad, Ade Farid
(2023)
Pengembangan Media Video Animasi dengan
Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPS Kelas
VIII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dan pengembangan Media Video Animasi dengan
Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII
SMP dilakukan sebagai upaya mengatasi masalah belajar yang terjadi di
SMP 1 Sutera yakni, guru menjelaskan pembelajaran dalam kelas
menggunakan metode ceramah, media pembelajaran yang dipakai oleh
guru masih bersifat konvensional dan hasil belajar siswa yang rendah dan
menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Video
Animasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata
Pelajaran IPS Kelas VIII SMP yang valid dan praktis sehingga layak
digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research
and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan
Borg dan Gall dengan 10 tahapan pengembangan. Uji validitas produk
dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri atas satu orang ahli materi dan
2 orang ahli media. Ujicoba produk dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Sutera dengan jumlah 20 siswa untuk menguji kepraktisan produk
media video animasi yang telah dirancang. Instrument yang digunakan adalah
wawancara, dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi dan
validator media, diperoleh hasil validasi materi rata-rata 4,3 dari skala 5,0
dengan persentase 85% dikategorikan sangat valid, hasil validasi dari ahli
media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,75 dari skala 5,0 dengan persentasi
96% dikategorikan sangat valid dan hasil validitas dari ahli media 2 diperoleh
rata-rata sebesar 4,6 dari skala 5,0 dengan persentasi 92% dikategorikan
sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 4,66 dari skala 5,0
dengan persentase 93% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji
validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi
dengan Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPS
Kelas VIII SMP yang dikembangkan valid dan praktis sehingga layak
digunakan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII.
Actions (login required)
|
View Item |