Asrul, Anisa
(2023)
Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri
dengan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMAN 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya siswa yang
mengalami masalah konsep diri siswa di SMA N 8 Padang. Hal ini ditandai
dengan kurangnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan pikirannya,
kesulitan mendengar pendapat orang lain, teman dan guru yang mengkritik dirinya
serta banyak siswa yang diam dan tidak memberikan tanggapan, pendapat, kiritik
dan sarannya ketika diskusi berlangsung. Ketika hal itu terjadi, banyak siswa yang
tidak mampu mengambil keputusan karena tidak percaya akan kemampuannya,
seperti kebiasaan siswa yang sering menyontek saat mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 970 orang siswa dan
sampel sebanyak 284 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional
random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen angket.
Data analisis menggunakan statistik deskriptif menggunakan rumus product
moment correlations dengan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep diri siswa SMAN 8
padang pada tingkat bervariasi, sebagian besar ada pada kategori sedang dengan
persentase 55,28%. (2) Komunikasi interpersonal siswa di SMAN 8 Padang
berada pada tingkat bervariasi sebagian besar ada pada kategori sedang dengan
persentase 54,93%. (3) Terdapat hubungan yang positif signifikan antara
Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal siswa di SMA N 8 Padang
dengan nilai rhitung sebesar 0,404 dengan taraf signifikan 0,000.
Actions (login required)
|
View Item |