Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMAN 8 Padang

Asrul, Anisa (2023) Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Anisa_Asrul_18006233_6228_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya siswa yang mengalami masalah konsep diri siswa di SMA N 8 Padang. Hal ini ditandai dengan kurangnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan pikirannya, kesulitan mendengar pendapat orang lain, teman dan guru yang mengkritik dirinya serta banyak siswa yang diam dan tidak memberikan tanggapan, pendapat, kiritik dan sarannya ketika diskusi berlangsung. Ketika hal itu terjadi, banyak siswa yang tidak mampu mengambil keputusan karena tidak percaya akan kemampuannya, seperti kebiasaan siswa yang sering menyontek saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 970 orang siswa dan sampel sebanyak 284 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen angket. Data analisis menggunakan statistik deskriptif menggunakan rumus product moment correlations dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep diri siswa SMAN 8 padang pada tingkat bervariasi, sebagian besar ada pada kategori sedang dengan persentase 55,28%. (2) Komunikasi interpersonal siswa di SMAN 8 Padang berada pada tingkat bervariasi sebagian besar ada pada kategori sedang dengan persentase 54,93%. (3) Terdapat hubungan yang positif signifikan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal siswa di SMA N 8 Padang dengan nilai rhitung sebesar 0,404 dengan taraf signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:36
Last Modified: 28 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48534

Actions (login required)

View Item View Item