Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Scramble di Kelas IV A SDN 14 Sungai Sirah Kabupaten Pesisir Selatan

Anisa, Anisa (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Scramble di Kelas IV A SDN 14 Sungai Sirah Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Anisa_17129189_6241_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran tematik terpadu yang belum optimal dilaksanakan dimana guru kurang menggunakan rpp dan lembar kerja dan siswa kurang dalam keterampilan berkelompokserta kurang dalam memahami pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Scramble di kelas IV A SDN 14 Sungai Sirah Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, peneliti berperan sebagai peraktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,88% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 81,94 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh 79,16 % dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata- rata 81,07 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,77. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV A SDN 14 Sungai Sirah Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:40
Last Modified: 27 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48518

Actions (login required)

View Item View Item