Anisa, Anisa
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik
Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Scramble di
Kelas IV A SDN 14 Sungai Sirah Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran tematik terpadu
yang belum optimal dilaksanakan dimana guru kurang menggunakan rpp dan
lembar kerja dan siswa kurang dalam keterampilan berkelompokserta kurang
dalam memahami pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada
siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif
tipe Scramble di kelas IV A SDN 14 Sungai Sirah Kabupaten Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II
tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 22
orang, yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, peneliti
berperan sebagai peraktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian
dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan
siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh
nilai rata-rata 80,88% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi
94,44% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh
81,94 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 91,66% dengan
kualifikasi (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh 79,16 %
dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB).
Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata- rata 81,07 dan meningkat pada
siklus II dengan nilai rata-rata 86,77. Dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV A SDN 14 Sungai Sirah
Kabupaten Pesisir Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |