Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S Adabiah Padang

Salsabila RA, Sausan (2023) Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Sausan_Salsabila_19045099_7428_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Case Based Learning (CBL) berbantuan Canva pada materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia untuk kelas XI IPS di SMA S Adabiah Padang yang ditinjau dari aspek hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan instrument penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest control group design, dimana kelompok eksperimen diberikan perlakuan khusus dan kelompok kontrol tanpa perlakuan khusus. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMA S Adabiah Padang yang berjumlah 83 orang peserta didik. Pada penelitian ini terdapat dua kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas eksperimen adalah XI IPS 1 dan kelas kontrol adalah XI IPS 3. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung ke lokasi penelitian dengan observasi, metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji N Gain. Dalam penelitian ini, didapatkan hasil sebagai berikut. 1) penerapan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) berbantuan Canva pada mata pelajaran geografi khususnya pada materi Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia pada kelas eksperimen membuktikan perbedaan hasil nilai yang signifikan dengan kelas kontrol tanpa perlakuan khusus. Berdasarkan hasil uji beda menggunakan t-test dapat diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 T hitung > T tabel yaitu 5,313 > 1,675 maka H a diterima dan H 0 ditolak. 2) hasil uji hipotesis menggunakan N Gain kelas kontrol didapatkan hasil sebesar 0,445 yang termasuk kriteria sedang dan dipresentasikan menjadi 44,55% termasuk kriteria kurang efektif. Sedangkan hasil uji N Gain kelas eksperimen didapatkan hasil sebesar 0,649 yang termasuk kriteria sedang dan dipresentasikan menjadi 64,90% termasuk kriteria cukup efektif. Dengan demikian, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) berbantuan Canva terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA S Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:47
Last Modified: 23 Nov 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48498

Actions (login required)

View Item View Item