Salsabila RA, Sausan
(2023)
Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL)
Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S
Adabiah Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan
model Case Based Learning (CBL) berbantuan Canva pada materi posisi strategis
Indonesia sebagai poros maritim dunia untuk kelas XI IPS di SMA S Adabiah Padang
yang ditinjau dari aspek hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan instrument
penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest control group design, dimana
kelompok eksperimen diberikan perlakuan khusus dan kelompok kontrol tanpa
perlakuan khusus. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di
SMA S Adabiah Padang yang berjumlah 83 orang peserta didik. Pada penelitian ini
terdapat dua kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling,
dimana kelas eksperimen adalah XI IPS 1 dan kelas kontrol adalah XI IPS 3. Teknik
pengumpulan data dilakukan secara langsung ke lokasi penelitian dengan observasi,
metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji
realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji N Gain.
Dalam penelitian ini, didapatkan hasil sebagai berikut. 1) penerapan model
pembelajaran Case Based Learning (CBL) berbantuan Canva pada mata pelajaran
geografi khususnya pada materi Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim
Dunia pada kelas eksperimen membuktikan perbedaan hasil nilai yang signifikan
dengan kelas kontrol tanpa perlakuan khusus. Berdasarkan hasil uji beda
menggunakan t-test dapat diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 T
hitung
> T
tabel
yaitu
5,313 > 1,675 maka H
a
diterima dan H
0
ditolak. 2) hasil uji hipotesis menggunakan N
Gain kelas kontrol didapatkan hasil sebesar 0,445 yang termasuk kriteria sedang dan
dipresentasikan menjadi 44,55% termasuk kriteria kurang efektif. Sedangkan hasil uji
N Gain kelas eksperimen didapatkan hasil sebesar 0,649 yang termasuk kriteria
sedang dan dipresentasikan menjadi 64,90% termasuk kriteria cukup efektif. Dengan
demikian, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Case Based Learning
(CBL) berbantuan Canva terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA S Adabiah
Padang.
Actions (login required)
|
View Item |