Pengembangan Media Virtual Reality untuk Melatih Keterampilan Menganalisis Sebab dan Akibat pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMKN 5 Padang

Hilda, Riama (2023) Pengembangan Media Virtual Reality untuk Melatih Keterampilan Menganalisis Sebab dan Akibat pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMKN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Riama_Hilda_19046050_7007_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini guru belum menggunakan media pembelajaran yang beragam berbasis teknologi , belum ada media khusus yang berbasis teknologi yang dapat melatih siswa menganalisis Sebab dan Akibat dalam peristiwa sejarah dan masih rendahnya pemahaman siswa dalam menganalisis Sebab dan Akibat dalam peristiwa sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara merancang dan mengetahui langkah-langkah pembuatan media virtual reality, mengetahui kelayakan media virtual reality, mengetahui praktikalitas media virtual realitydalam membantu siswa dalam menganalisis sebab dan akibatpristiwa sejarah. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan terdiri atas 4 tahap pengembangan yakni, pendefinisian (define), perancangan(design),pengembangan(develop), penyebaran (disseminate). Adapun dasar penggunaan model 4D adalah karena setiap langkah-langkah prosedur pengembangan dijelaskan secara detail. Pada tahap pengumpulan data teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan lembar angket. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran skala Likert. Hasil dari pengembangan media virtual reality dapat dilihat dari proses perancangan hingga menjadi suatu produk media pembelajaran virtual reality. Kelayakan media virtual realitydapat dilihat pada tingkat penilaian validasi materi dan validasi media yang memiliki tingkat kelayakan dengan kategori sangat layak. Praktikalitas media virtual reality dilakukan pada guru sejarah dan siswa kelas X SMKN 5 Padang dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan media virtual reality pada pembelajaran sejarah materi contoh Peninggalan Islam di kota Padang dengan objek Masjid Ganting layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih keterampilan menganalisis sebab dan akibat pristiwa sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:47
Last Modified: 23 Nov 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48495

Actions (login required)

View Item View Item