Analisis Keusangan Literatur pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Della, Fatri (2023) Analisis Keusangan Literatur pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_FATRI_DELLA_19234069_3123_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan usia paro hidup dan keusangan literatur pada skripsi mahasiswaProgram Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Keusangan literatur di dalam ilmu perpustakaan merupakan studi informometri bibliometrik dalam menggunakan dokumen yang berkaitan dengan umur suatu dokumen. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penilitian kuantitatif merupakan metode yang banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya.Populasi dan Sampel penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang tahun 2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu daftar pustaka dengan teknik dokumentasi, data diolah menggunakan rumus paro hidup. Studi tentang keusangan literatur dapat menjadi indikator baik dalam menentukan literatur terbaru dan perkembangan literatur yang cepat, serta dalam pertumbuhan suatu bidang keilmuan.Dalam analisis data, data dikumpulkan, diolah dan kemudian mendeskripsikan usia paro hidup dan tingkat keusangan literatur skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang dengan mengunakan metode bibliometrik. Berdasarkan deskripsi data diperoleh simpulan bahwa : (1) usia paro hidup skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang tahun 2021 yaitu 5 tahun. (2) idealnya literatur terlama yang digunakan sekitar tahun 2016, sitiran pada tahun 2014-2018 berjumlah 645 (53%) yang merupakan sitiran terbaru dan selebihnya berjumlah 581 (47%) yang usang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:00
Last Modified: 23 Nov 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48469

Actions (login required)

View Item View Item