Analisis Persepsi Guru PAI terhadap P5 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Yadi, Reihan Hilmi (2023) Analisis Persepsi Guru PAI terhadap P5 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Raihan_Hilmi_Yaldi_19329182_6273_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagamana persepsi guru PAI terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai salah satu sarana untuk mencapai kompetensi profil pelajar pancasila. P5 sebagai bentuk penguatan kompetensi profil pelajar pancasila yang berbasis projek bertujuan dalam membentuk karakter peserta didik. Supaya karakter yang tertanam pada peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Subjek pada penelitian ini adalah Guru PAI di SMAN 1 lengayang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil pada penelitian ini menyimpulkan bahwa proyek penguatan profil pelajar pancasila berperan sangat penting dalam pembelajaran terkhusus dalam membentuk karakter siswa, guru bisa menjadi lebih tahu tentang karaktertik, minat, bakat dan potensi yang ada pada peserta didik dan juga didukung dengan semangat peserta didik dalam melaksanakan tugas dalam bentuk projek. Dan guru menjadi sosok yang sangat penting dalam pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila karena perannya yang sangat beragam. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila guna menjadi bahan evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran dan bisa berdampak positif pada kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:25
Last Modified: 22 Nov 2023 04:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48456

Actions (login required)

View Item View Item