Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Daring (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang)

Syahrul, Syahrul (2023) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Daring (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_SYAHRUL_19053023_7200_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku kecurangan akademik mahasiswa dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Metode pengambilan sampel Non-Probabilty Sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan kriteria pernah melakukan kecurangan akademik dalam pembelajaran daring. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket melalui google form. Kuisioner penelitian, sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Kuisioner disebarkan kepada 100 mahasiswa/i S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor konfirmatori. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 faktor yang mempengaruhi perilaku kecurangan akademik mahasiswa/ i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang dalam pembelajaran daring diantaranya faktor internal, faktor eksternal, faktor motivasi belajar, dan faktor religiusitas. Faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku kecurangan akademik mahasiswa/i S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang dalam pembelajaran daring adalah faktor internal. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat seberapa besar pengaruh positif ataupun negatif dari 4 fakor yang mempengaruhi kecurangan akademik dalam pembelajaran daring terhadap kecurangan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang yang ditemukan peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, ElviUNSPECIFIED
CorrectorSofya, RaniUNSPECIFIED
CorrectorOknaryana, OknaryanaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KECURANGAN AKADEMIK, PEMBELAJARAN DARING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi -S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:07
Last Modified: 21 Nov 2023 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48427

Actions (login required)

View Item View Item