Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD

Fiantika, Ulfatmi (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_ULFATMI_FIANTIKA_18129143_4785_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru kelas V SDN 16, SDN 21 dan SDN 19 VII Koto Sungai Sarik, guru di SDN 16 VII Koto Sungai Sarik sudah menggunakan modul pembelajaran yang sangat sederhana, sedangkan SDN 21 dan SDN 19 VII Koto Sungai Sarik belum menggunakan modul pembelajaran sebagai penunjang dalam proses belajar mengajar guru hanya mengunduh materi yang dirasa perlu dan tidak membuatkannya dalam bentuk modul pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu mengembangkan modul pembelajaran yang menggunakan sebuah aplikasi terbaru. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran tematik terpadu tema 6 panas dan perpindahannya untuk peserta didik kelas V menggunakan aplikasi Canva yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Modul pembelajaran yang dikembangkan diuji kevalidannya oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, bahasa, dan design. Produk yang dikembangkan diuji cobakan di kelas V SDN 16 VII Koto Sungai Sarik dan SDN 21 VII Koto Sungai Sarik dengan jemlah peserta didik masing-masing 14 dan 12 orang peserta didik. Hasil penelitian dari modul pembelajaran memperoleh rata-rata validasi 93.5% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba praktikalitas dari angket respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 95.68% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru dengan skor rata-rata 100% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Canva, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:38
Last Modified: 21 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48421

Actions (login required)

View Item View Item