Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Creative Cloud pada Materi Luas Bangun Datar dengan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Ningrum, Tia Aulia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Creative Cloud pada Materi Luas Bangun Datar dengan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_TIA_AULIA_NINGRUM_19129068_4219_2023.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang terdapat di sekolah dasar bahwa media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Animate Creative Cloud belum dikembangkan. Media pembelajaran yang digunakan guru di pada kegiatan pembelajaran cenderung media konvensional. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bahwa media pembelajaran tidak hanya dari buku siswa, sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, salah satunya aplikasi Adobe Animate Creative Cloud. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Animate Creative Cloud pada materi luas bangun datar dengan model discovery learning di kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan /produksi), Implementation (implementasi / penyampaian), Evaluate (evaluasi). Pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi media terdiri dari validasi materi, validasi bahasa, dan validasi desain media. Angket respon terdiri dari angket repson peserta didik dan angket respon guru. Subjek uji coba media pembelajaran dilaksanakan di kelas IV SDN 13 Sitiung dan penyebaran media pembelajaran dilakukan di kelas IV SDN 18 Sitiung. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate Creative Cloud pada materi luas bangun datar dengan model discovery learning di kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan telah divalidasi dan dinyatakan valid dengan rata-rata skor validasi 88,98% kategori sangat valid. Hasil rata-rata skor kepraktisan media pembelajaran berbasis Adobe Animate Creative Cloud pada materi luas bangun datar dengan model discovery learning di kelas IV sekolah dasar respon guru yaitu 93,75% kategori sangat praktis dn respon peserta didik 94% kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Animate Creative Cloud telah valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladevIUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Adobe Animate Creative Cloud, Luas bangun datar, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:37
Last Modified: 21 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48418

Actions (login required)

View Item View Item