Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang

Putri, Salsabila Nadya (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_SALSABILA_NADYA_PUTRI_19129288_ 4664_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik di karenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dengan Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas V. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian RPP, lembar pengamatan aspek guru dan peserta didik, dan lembar tes evaluasi. Data yang didapatkan dalam penelitian kemudian diolah dengan menggunakan model analisis data kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitian (1) RPP siklus I persentase rata-rata 81,25% dengan predikat baik (B) menjadi 97,5% sangat baik (A) pada siklus ke-II. (2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I persentase rata-rata 80,35% dengan predikat baik (B) menjadi 96,42% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Sedangkan aspek peserta didik persentase rata-rata 80,35% dengan predikat baik (B) menjadi 96,42% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Terakhir (3) Hasil belajar peserta didik siklus I rata-rata 77,25 dengan predikat baik (B) menjadi 87 sangat baik (A) pada siklus ke-II. Dengan demikian model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Tematik Terpadu, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:37
Last Modified: 21 Nov 2023 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48417

Actions (login required)

View Item View Item