Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Di Kelas V SD Negeri 04 Garegeh Koto Selayan Kota Bukittinggi

Rini, Rini (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Di Kelas V SD Negeri 04 Garegeh Koto Selayan Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_RINI_(19129058_5414_2023.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan karena guru belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran yang bervarisi yang dapat mendorong semangat peserta didik dan peserta didik tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan penerapan suatu model yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dengan diselingi permainan, sehingga peserta didik tidak bosan dan menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan kooperatif tipe Course Review Horay di kelas V SD Negeri 04 Garegeh Koto Selayan Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Pendidik dan peserta didik kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi berjumlah 20 orang. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran , proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan atau observasi, tes, dan non tes. Hasil pengamatan RPP siklus I 86,36% (baik), meningkat pada siklus II dikarenakan guru membuat RPP yang sesuai dengan tuntutan sehingga memperoleh sekor 95,45% (sangat baik). Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh 84,08% (baik), meningkat pada siklus II dikarenakan guru telah memperbaiki kekurangan pada siklus sebelumnya sehingga memperoleh 93,18% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I diperoleh 82,95% (cukup), peningkatan dikarenakan guru telah memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran sehingga pada siklus II memperoleh 93,18% (sangat baik), Hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 77,35 (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata 88,55 (Baik) dari segi pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa, sikap siswa juga meningkat dari sikap sosial dan sipritualnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Course Review Horay (CRH).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:49
Last Modified: 21 Nov 2023 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48416

Actions (login required)

View Item View Item