Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Tarok Dipo Kota Bukittinggi.

Arini, Nurul Maulidya Putri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_NURUL_MAULIDYA_PUTRI_AINI_19129149_4513_2023.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, hal ini terlihat pada proses pembelajaran peserta didik kurang aktif dalam mengemukakan pendapatnya karena guru belum sepenuhnya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya, serta peserta didik mudah bosan dan jenuh karena proses pembelajaran yang monoton dan kurangnya inovasi dari guru dalam mengembangkan model pembelajaran, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 24 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 83,33% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 85,94% (B) dan siklus II 96,87% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 84,38% (B), dan siklus II menjadi 93,75% (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,6 dan siklus II rata-rata 85,65. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik terpadu, model two stay two stray, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:48
Last Modified: 21 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48414

Actions (login required)

View Item View Item