Peningkatan Hasil Belajar Tematik terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 03 Padang Marapalam Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Novita (2023) Peningkatan Hasil Belajar Tematik terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 03 Padang Marapalam Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_NOVITA_SARI_19129051_4634_2023.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan masih banyaknya hasil belajar peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal pada pembelajaran tematik terpadu di SDN 03 Padang Marapalam Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru belum menggunkan model pembelajaran yang efektif sehingga daya ingat peserta didik masih rendah terhadap pembelajaran, serta rendahnya aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 03 Padang Marapalam Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah guru dan peserta didik SDN 03 Padang Marapalam Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I 87,5% (Baik) meningkat menjadi 94,44% (Sangat Baik) pada siklus II. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk pengamatan aktivitas guru pada siklus I 80,36% (Baik) meningkat menjadi 92,85% (Sangat Baik) pada siklus II. Pada hasil pengamatan peserta didik pada siklus I 80,36% (Baik) meningkat menjadi 92,85% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil belajar tematik terpadu pada penelitian ini untuk siklus I memperoleh rata – rata 73,19 menigkat menjadi 84,17 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 03 Padang Marapalam Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati,, TinUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Model Problem Based Learning (PBL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:48
Last Modified: 21 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48413

Actions (login required)

View Item View Item