Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Nana Meisah (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_NANA_MEISAH_PUTRI_19129043_5190_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan IT yang tersedia di sekolah kurang maksimaldigunakan oleh guru. Kurang dikembangkannya media inovatif, interaktif dan menyenangkan bagipeserta didik serta kurang dikembangkannya media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga guruperlu meningkatkan kemampuan mengolah media pembelajaran berbasis teknologi agar peserta didik tidak bosan. Belum pernah digunakannya model PBL untuk penggunaan media pembelajaran terutamaberbasis tekonologi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untukmengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif wordwall menggunakan modelProblem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis peneltian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. ModelADDIE terdiri dari lima langkah yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Media yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi,ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket responguru dan respon peserta didik. Lalu, pada efektivitas dilakukan dengan memberikan soal evaluasikepada peserta didik. Subjek uji coba produk di SDN 07 Belakang Tangsi Kota Padang dan subjekpenelitian produk di SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Hasil penelitian media memperoleh tingkat kevalidan 90% dari aspek materi dengan kategori sangat valid, 88,75 dari aspek media dengan kategorisangat valid dan 82,5% dari aspek bahasa dengan kategori valid. Berdasarkan hasil respon guru danhasil respon peserta didik di sekolah uji coba diketahui bahwa pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sangat praktis dengan presentase kepraktisan dari respon guru di sekolah uji coba adalah95%, dan presentase kepraktisan dari respon peserta didik adalah 95%. Presentase respon guru disekolah penelitian adalah 97,5% dan presentase respon peserta didik 96%. Hasil efektifitas mediamenunjukkan hasil yang sangat efektif dengan presentase peningkatan hasil belajar peserta didik dari 83,8% menjadi 96% dengan tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaranberupa multimedia interaktif wordwall menggunakan model PBL pada pembelajaran IPAS di kelas IVsekolah dasar dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:47
Last Modified: 21 Nov 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48411

Actions (login required)

View Item View Item