Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas V SDN 07 Koto Panai Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Lisa Nurlazi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas V SDN 07 Koto Panai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_LISA_NURLAZI_PUTRI_19129035_4784_2023.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang belum terlaksana dengan baik dan masih dalam proses menuju penyempurnaan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas V SDN 07 Koto Panai Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah peneliti selaku praktisi, guru selaku observer, dan peserta didik kelas V sebanyak 26 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan dari siklus I sampai siklus II, dapat dilihat dari: a) Persentase penilaian RPP pada siklus I 76,14%, dan siklus II 97,7%. b) Persentase ketuntasan aspek guru siklus I 79,54%, meningkat pada siklus II 97,7%. c) Persentase ketuntasan aspek peserta didik pada siklus I 79,54%, meningkat pada siklus II 97,7%. d) Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I 70,69%, meningkat pada siklus II 83,03%. Data tersebut membuktikan bahwa dengan menerapkan model make a match di sekolah dasar dapat menunjang hasil belajar peserta didik menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:54
Last Modified: 21 Nov 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48404

Actions (login required)

View Item View Item