Pembuatan Website Wordpress sebagai Media Penyebaran Informasi Eco Friendly Product Pada Mahasiswa IPK Universitas Negeri Padang

Ningsih, Titin Prima (2023) Pembuatan Website Wordpress sebagai Media Penyebaran Informasi Eco Friendly Product Pada Mahasiswa IPK Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_TITIN_PRIMA_NINGSIH_18026094_3001_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang Pembuatan Website Wordpress sebagai Media Penyebaran Informasi Eco Friendly Product pada Mahasiswa IPK Universitas Negeri Padang. Kajian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) proses pembuatan website wordpress tentang Eco Friendly Product; (2) bagaimana uji coba website wordpress tentang Eco Friendly Productpada mahasiswa IPK Universitas Negeri Padang; (3) kendala pembuatan website wordpress sebagai Media Penyebaran Informasi Eco Friendly Product. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara dengan dengan 5 narasumber penjual produk ramah lingkungan dan juga melalui artikel internet dengan sumber yang valid serta data produk ramah lingkungan dari sebelas brand produk ramah lingkungan Indonesia dari website resmi hingga official Instagram. Berdasarkan penganalisian data, dapat disimpulkan tahapan sebagai berikut: (1) menganalisis kebutuhan informasi, menganalisis kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat mengenai Eco Friendly Products melalui wawancara dan menghasilkan kesimpulan bahwa masyarakat membutuhkan media informasi mengenai Eco Friendly Products yang berisi pengertian dan jenis-jenis produk ramah lingkungan yang dapat membantu mengurangi kerusakan lingkungan; (2) pengumpulan data (data gathering), pengumpulan informasi atau mencari sumber yang dibutuhkan dan relevan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi tersebut. Informasi diperoleh dari sebelas brand lokal yang menyediakan produk ramah lingkungan yang bisa digunakan oleh masyarakat; (3) penginstalan website wordpress, untuk membuat website wordpress dapat dilakukan dengan dua software pendukung yaitu xampp dan wordpress; (4) desain website, desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan baik atau tidaknya website tersebut. peran penting dalam desain website Eco Friendly Productialah pemilihan warna, tulisan, dan latar untuk menarik perhatian pengunjung website; (5) penyebaran informasi, penyebaran informasi memerlukan unsur penunjang untuk mengonlinekan website agar dapat diakses oleh seluruh pengguna internet seperti domain, hosting, dan SSL Certificate serta cara mengakses website Eco Friendly Product yaitu mengenai cara mengakses website Eco Friendly Productmenjadi media penyebaran informasi. Kendala dalam pemanfaatan website wordpress Eco Friendly Product sebagai media penyebaran informasi ialah biaya mengoperasikan website wordpress dan masyarakat kurang antusias untuk mendapatkan informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:54
Last Modified: 21 Nov 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48403

Actions (login required)

View Item View Item