Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Sintia, Itfinah (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_ITFINAH_SINTIA_18129063_6118_2023.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurang maksimalnya penggunaan model-model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di SDN Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti. Model Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experiment Design Type Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti. Teknik pengambilan sampel adalah Probability Sampling Type Cluster Sampling, diperoleh sampel peserta didik kelas IVA SDN 19 Pasar Lama sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV SDN 11 Tanjung Medan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen yang berupa tes objektif. Data dianalisis secara deskriptif yang diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas baru dilanjut dengan uji hipotesis menggunakan uji-t lalu diperkuat dengan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kelas eksperimen 79,69 dan rata-rata kelas kontrol 73,43. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,3893 > 2,028094. Hasil uji regresi linear sederhana yaitu Fhitung > Ftabel (46,165 > 4,45) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:33
Last Modified: 20 Nov 2023 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48394

Actions (login required)

View Item View Item