Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Bioproses Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Komalasari, Intan Soeraya (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Bioproses Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_INTAN_SOERAYA_KOMALASARI_16031096_2421_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di Indonesia masih rendah berdasarkan hasil PISA tahun 2018 dengan nilai sains 396 dan hasil uji coba tes di beberapa sekolah di Sumatera Barat mendapatkan nilai rata-rata 17,88- 38,45. Salah satu cara untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi bioproses sel untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik dan kualitas option yang baik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, develop dan desseminate. Tahap desseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian ini yaitu 3 orang validator yang terdiri dari 2 orang Dosen Departemen Biologi Universitas Negeri Padang dan satu orang guru SMAN 12 Padang. Praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru biologi dan 32 peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 12 Padang. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan uji praktikalitas. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi ANATES 4.09. Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi mendapatkan nilai rata-rata validitas logis sebesar 90, 31 dengan kategori sangat valid, nilai rata-rata praktikalitas 87,35 dengan kategori praktis, hasil analisis data validitas empiris didapatkan 44 soal dari 50 soal, reliabilitas sebesar 0,72 dengan kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran sedang dalam rentang 0,30-0,71, daya pembeda baik dalam rentang 0,41-0,70, dan kualitas option yang baik. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi bioproses sel untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik dan kualitas option yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RalsasUNSPECIFIED
CorrectorDarussyamsu, RahmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:24
Last Modified: 20 Nov 2023 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48384

Actions (login required)

View Item View Item