Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Bangun Ruang Dengan Kubus Satuan Serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang

Kurniawati, Indah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Bangun Ruang Dengan Kubus Satuan Serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_INDAH_KURNIAWATI_19129234_4979_2023.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keadaan lapangan yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang dengan kubus satuan serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga dengan model problem based learning di kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang yang berjumlah 23 orang, penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian obsevasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menujukan adanya peningkatan pada a) RPP siklus I memperoleh persentase rata-rata 90,83% baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,5% sangat baik (A). b) Aktivitas guru siklus I memperoleh prensentase rata-rata 88,09% baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 96,42% sangat baik (A). c) Aktivitas siswa siklus I memperoleh presentase rata-rata 83,33% baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,85% sangat baik (A). d) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 78,08 cukup (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,67 baik (B). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang dengan kubus satuan serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Volume Bangun Ruang, Model PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:21
Last Modified: 20 Nov 2023 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48378

Actions (login required)

View Item View Item