Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang

Rezki, Husnathul Khulfah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_HUSNATHUL_KHULFAH_REZKI_19129231_4814_2023.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, terlihat guru belum maksimal mengembangkan pembuatan RPP sesuai dengan panduan pengembangan RPP, guru cenderung mendominasi pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru, guru belum optimal menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2xpertemuan dan siklus II terdiri dari 1xpertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat yang berjumlah 27 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 83,32% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 86,10% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 86,10% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), d) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,82 dengan predikat cukup (C) meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 91,72 dengan predikat baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tematik terpadu, Model kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:20
Last Modified: 20 Nov 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48377

Actions (login required)

View Item View Item