Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis KineMaster pada Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Kubus Satuan di Sekolah Dasar

Yuliana, Elsa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis KineMaster pada Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Kubus Satuan di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_ELSA_YULIANA_19129109_5398_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar, sehingga masih terdapat peserta didik yang pasif dan pembelajaran berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu media pembelajaran berupa video yang dalam pelaksanaan medianya juga didukung dengan penggunaan alat peraga berupa kubus satuan, sehingga dapat memberikan motivasi kepada peserta didik dalam belajar dan peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki tahap-tahap, yaitu Anlysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi ahli kebahasaan. Sedangkan angket respon terdiri dari respon peserta didik dan respon guru. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 16 peserta didik di kelas V SDN 12 Koto Baru. Penelitian dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 dan Selasa tanggal 28 Maret 2023. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil rata-rata dari validasi adalah 95,55% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru memperoleh 93,33% dengan kategori sangat praktis, sedangkan angket respon peserta didik di SDN 12 Koto Baru adalah 94,37% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis KineMaster ini sudah layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, KineMaster, Matematika, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:20
Last Modified: 20 Nov 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48375

Actions (login required)

View Item View Item