Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Tema 5 Kelas IV SD Negari 41 Kapuh

Devitri, Aprilia Sri (2023) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Tema 5 Kelas IV SD Negari 41 Kapuh. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_APRILIA_SRI_DEVITRI_16129291_6073_2023.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru saat proses pembelajaran menyampaikan materi pelajaran secara langsung, tidak inovatif melibatkan peserta didik dalam kerja project untuk mengkontruksikan pembelajarannya. Guru belum menerapkan model yang dapat merangsang peserta didik aktif dalam belajar dan menyelesaikan masalah, yaitu membuat karya/produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Tema 5 Pahlawanku dengan Model Project Based Learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pelaksanaan proses pembelajaran dengan model Project Based Learning dan hasil tindakan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 22 orang peserta didik kelas IV SD yang terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian siklus I aspek RPP mencapai persentase rata-rata 85% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 94% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Proses pembelajaran siklus I aktivitas guru mencapai persentase rata-rata 86% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Aspek aktivitas peserta didik siklus 1 persentase rata-ratanya 86% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata (skala 1-4) 3,35 dengan persentase ketuntasan 78% kategori baik (B), meningkat menjadi 3,61 dengan persentase ketuntasan 91% kategori sangat baik (SB) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevI, MasniladevIUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PjBL, proses belajar, tematik terpadu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:19
Last Modified: 20 Nov 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48370

Actions (login required)

View Item View Item