Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Simple Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 4 SMAN 9 Mandau

Fachrul F, Muhammad (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Simple Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 4 SMAN 9 Mandau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_MUHAMMAD_FACHRUL_F_18058092_6603_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 4 SMAN 9 Mandau. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMAN 9 Mandau. Instrument penelitian ini yaitu pedoman observasi, lembar observasi dan soal pretest dan postest. Indikator keberhasilan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan minimal (KKM 73). Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang dikuatkan oleh lembar observasi, pretest dan postest. Data ini dikuatkan juga oleh data kualitatif yang berupa data wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran think pair share dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi, hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan tingkat ketuntasan 56% menjadi 65% dan 82% menjadi 86% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:18
Last Modified: 20 Nov 2023 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48367

Actions (login required)

View Item View Item