Pengembangan Modul Elektronika Dasar Mengintegrasikan Creative Thinking pada Materi Komponen Pasif dan Aplikasinya

Ceria, Hening (2023) Pengembangan Modul Elektronika Dasar Mengintegrasikan Creative Thinking pada Materi Komponen Pasif dan Aplikasinya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_HENING_CERIA_16033053_396_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

peserta didik. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik mempengaruhi pembangunan sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan hasil suvei Human Development Index yang menyatakan bahwa pembangunan sumber daya manusia di Indonesia masih tergolong rendah yang dipicu oleh kemampuan peserta didik yang juga rendah. Salah satu pendorong meningkatnya kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif ialah perangkat pembelajaran yang digunakan. Dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan ialah modul pembelajaran mengintegrasikan creative thinking didalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul elektronika dasar mengintegrasikan creative thinking pada materi komponen pasif dan aplikasinya untuk mahasiswa fisika FMIPA UNP. Jenis penelitiannya adalah R and D (Research and Development). Pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Namun pengembangan penelitian ini hanya sampai pada tahap development yang dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya untuk penelitian ini. Data yang didapatkan dari penelitian ini berasal dari uji validitas melalui lembar validitas. Lembar validitas berisi lima komponen utama penyusun modul dan dinilai oleh tiga orang dosen sebagai tenaga ahli. Berdasarkan analisis data pada hasil validasi produk mengemukakan bahwa modul pembelajaran elektronika dasar pada materi komponen pasif dan aplikasinya memiliki validitas tinggi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai rata-rata yaitu 86,5%. Nilai tersebut menyatakan pengembangan modul elektronika dasar mengintegrasikan creative thinking pada materi komponen pasif dan aplikasinya dinyatakan layak ditinjau dari uji validitas produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL ELEKTRONIKA DASAR, MATERI KOMPONEN PASIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:01
Last Modified: 20 Nov 2023 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48357

Actions (login required)

View Item View Item