Khairati, Annisaislami (2023) Gambaran Internet Gaming Disorder pada Siswa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
B.1_05_ANNISAISLAMI_KHAIRATI_19006155_5188_2023.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di seluruh dunia, dimana perkembangan teknologi yang begitu pesat mengakibatkan perubahan pada bentuk permainan remaja. Internet gaming disorder seringkali dapat dialami oleh remaja karena remaja lebih suka untuk mencoba melakukan hal-hal yang baru untuk memperoleh kesenangan secara pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran internet gaming disorder pada siswa ditinjau dari aspek salience, tolerance, mood modification, withdrawal, relapse, dan conflict. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah 286 orang siswa MAN 2 Padang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dengan cara memberikan instrumen penelitian yang berupa kuesioner kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan internet gaming disorder pada siswa MAN 2 Padang pada umumnya berada pada kategori rendah, yang berarti banyak dari siswa MAN 2 Padang yang tidak terindikasi internet gaming disorder. Sedangkan internet gaming disorder siswa yang ditinjau dari aspek salience pada umumnya berada pada kategori sedang, aspek tolerance pada umumnya berada pada kategori sedang, aspek mood modification pada umumnya berada pada kategori rendah, aspek withdrawal pada umumnya berada pada kategori rendah, aspek relapse pada umumnya berada pada kategori sedang, dan aspek conflict pada umumnya berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru BK atau konselor dapat memberikan bantuan berupa layanan bimbingan kelompok, dan konseling kelompok, ataupun upaya lain seperti melakukan seminar/workshop kepada orangtua siswa terkait dengan game online dan masalah yang ditimbulkan agar orangtua bisa lebih memperhatikan anaknya di rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Internet Gaming Disorder, Siswa | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2023 04:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2023 04:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48356 |
Actions (login required)
View Item |