Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Konteks pada Materi Fluida terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 5 Solok Selatan

Yulaisa, Gusni (2023) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Konteks pada Materi Fluida terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 5 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_GUSNI_YULAISA_18033030_2479_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan pendidikan pada abad 21 yang begitu pesat ditandai dengan penggunaan IPTEK dalam berbagai aspek kehidupan. Perkembangan IPTEK pada abad 21, dapat dihadapi dengan memiliki berbagai keterampilan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong dan melatih siswa memiliki kemampuan berpikir kritis. Namun, kondisi nyata disekolah menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan di sekolah belum mampu memupuk kemampuan berpikir kritis siswa. Solusi yang diajukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan video pembelajaran berbasis konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis konteks pada materi fluida terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 5 Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan desain penelitian yaitu postest-only control design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Solok Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dipilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini merupakan nilai kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk soal essay sebanyak 8 butir. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa nilai th > tt yaitu 3,41 > 2,006 yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis konteks pada materi fluida terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 5 Solok Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:59
Last Modified: 20 Nov 2023 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48353

Actions (login required)

View Item View Item