Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen dalam Medium Tumbuh Cairan Sayuran dan Perannya dalam Perkecambahan Cabai Merah (Capsicum annuum L.)

Triyatdipa, Haqil (2023) Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen dalam Medium Tumbuh Cairan Sayuran dan Perannya dalam Perkecambahan Cabai Merah (Capsicum annuum L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_HAQIL_TRIYATDIPA_19032011_1701_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pseudomonad fluoresen merupakan kelompok bakteri yang dapat diisolasi dari bagian permukaan akar tanaman dan memiliki kemampuan menghasilkan senyawa antimikroba berupa siderofor, Hydrogen Cyanide (HCN), menguraikan fosfat, dan menghasilkan hormon tumbuh Indole Acetic Acid (IAA). IAA mampu mempercepat permeabilitas masuknya air ke dalam sel, sehingga memungkinkan biji untuk berkecambah lebih cepat. Medium tumbuh yang biasanya digunakan untuk pertumbuhan bakteri adalah Nutrient Broth (NB), namun mempunyai harga yang mahal sehingga dicari alternatif lain. Medium alternatif yang dapat digunakan sebagai medium pertumbuhan mikroorganisme dapat bersifat organik maupun anorganik. Medium tumbuh berupa bahan organik terdiri dari campuran sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh cairan sayuran terhadap jumlah bakteri dan mengetahui pengaruh lama perendaman biji cabai merah (Capsicum annuum L.) menggunakan pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh cairan sayuran terhadap perkecambahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu: Tahap I. Deteksi jumlah bakteri pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh cairan sayuran dengan lama penyimpanan berbeda, dan Tahap II. Pengaruh lama perendaman biji cabai merah (Capsicum annuum L.) dengan pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh cairan sayuran terhadap perkecambahan. Pseudomonad fluoresen yang digunakan pada penelitian ini isolat PfCas dan PfCas3 dan dilakukan perbanyakan menggunakan cairan sayuran yang terdiri dari wortel, kangkung, bayam, dan kentang. Hasil penelitian menunjukkan lama penyimpanan pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh cairan sayuran berpengaruh terhadap jumlah bakteri yang dihasilkan. Aplikasi pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh cairan sayuran tidak berpengaruh terhadap daya kecambah, panjang akar, panjang batang, dan berat kering kecambah cabai merah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH LAMA PENYIMPANAN PSEUDOMONAD FLUORESEN
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:36
Last Modified: 20 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48351

Actions (login required)

View Item View Item