Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik di SMAN 3 Padang

Hayati, Iftitahul (2023) Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik di SMAN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_IFTITAHUL_HAYATI_19031138_6321_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan yang harus dimiliki pada abad 21 ini salah satunya adalah kemampuan argumentasi. Permasalahan di SMAN 3 Padang adalah pada proses pembelajaran telah menerapkan model PBL namun belum optimal dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah. Pembelajaran yang berorientasi kemampuan argumentasi ilmiah belum pernah diterapkan padahal kemampuan argumentasi ilmiah berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah dalam PBL. Selain menerapkan model PBL, keberhasilan suatu pembelajaran juga didukung oleh pemanfaatan media dalam proses pembelajaran salah satunya media Power Point. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan media power point terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik di SMAN 3 Padang. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI Fase F4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI Fase F5 sebagai kelas eksperimen. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI Fase F di SMAN 3 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal essay sebanyak 5 soal. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning. Teknik analisis data dengan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata tes kemampuan argumentasi ilmiah kelas eksperimen (81,25) dan kelas kontrol (74,90). Analisis data dengan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,040<0,05. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media power point berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA POWER POINT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:35
Last Modified: 20 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48350

Actions (login required)

View Item View Item