Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Candung

Mutia, Indah (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Candung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_INDAH_MUTIA_18029142_710_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang menjadi tujuan dari pembelajaran matematika. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Candung masih rendah. Hal ini dilihat dari hasil jawaban tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan saat observasi ditemukan bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan Pendekatan Konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Candung Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,030. Karena P-value < α , maka tolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:43
Last Modified: 20 Nov 2023 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48348

Actions (login required)

View Item View Item