Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Blended Learning Tipe Flipped Classroom untuk Kelas VIII SMP/MTS

Auzura, Ifni (2023) Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Blended Learning Tipe Flipped Classroom untuk Kelas VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_IFNI_AUZURA_18029069_2720_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Matematika masih dianggap sulit oleh peserta didik SMP.Hal ini terbukti dari prestasi akademik mereka yang kurang baik. Hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor, diantara faktor tersebut adalah minat belajar peserta didik. Menggunakan bahan ajar yang tepat dapat menginspirasi peserta didik untuk terlibat dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Hal ini berdampak pada keinginan mereka untuk belajar. Pengamatan dilaksanakan pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 7 Padang dan wawancara.. Pendidik mengungkapkan bahwa bahan ajar yang dipakai kurang menarik dan kurang membangkitkan minat peserta didik untuk belajar matematika secara mandiri di sekolah maupun di rumah. Hal tersebut menyebabkan peserta didik menjadi lebih pasif dalam mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar yang menarik minat belajar mandiri peserta didik melalui penggunaan model blended learning tipe flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah design research tipe development studies dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari analisis pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Padang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan e-modul berbasis model pembelajaran blended learning tipe flipped classroom yang dikembangkan telah memenuhi kriteria minimal valid dan praktis. E-modul dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 87,81%. oleh para ahli. E-modul dikategorikan sangat praktis pada tahap one-to-one evaluation dengan tingkat praktikalitas 88,49% dan pada tahap small group evaluation e-modul dengan tingkat praktikalitas 89,97%berdasarkan respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN E-MODUL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:39
Last Modified: 20 Nov 2023 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48347

Actions (login required)

View Item View Item