Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Minat Berwirausaha e-Commerce Lulusan Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue di BLK Painan

Dely, Lucya Tista (2023) Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Minat Berwirausaha e-Commerce Lulusan Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue di BLK Painan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_04_LUCYA_TISTA_DELY_19005024_6194_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat berwirausaha secara e-commerce pada lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Painan. Hal ini dikarena dukungan sosial orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan dukungan sosial orang tua, (2) menggambarkan minat berwirausaha secara e-commerce pada lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue dan, (3) melihat hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan minat berwirausaha secara e-commerce pada lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Painan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Populasi penelitian adalah lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Painan dari lulusan tahun 2021 dan 2022 yang berjumlah 52 orang dan 39 orang dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan sosial orang tua lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Painan tergolong rendah, (2) minat berwirausaha secara e-commerce pada lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Painan tergolong masih rendah, (3) terdapat hubungan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan minat berwirausaha e-commerce lulusan pelatihan pembuatan roti dan kue di BLK Painan. Disarankan kepada (1) orang tua hendaknya lebih meningkatkandukungan sosialnya untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat berwirausaha secara e-commerce lulusan pelatihan, (2) bagi Instruktur hendaknya bisa memberikan motivasi dan dorongan kepada lulusan pelatihan agar bisa memanfaatkan hasil pelatihan yang didapat selama mengikuti pelatihan (3) bagi lembaga agar bisa menyediakan informasi terkait lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan berwirausaha secara e-commerce dan (4) diharapkan kepada peneliti lain agar memilih variabel lain yang berhubungan dengan minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, NatsirUNSPECIFIED
CorrectorZuratul, AzizahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Minat, Wirausaha, E-commerce
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:11
Last Modified: 20 Nov 2023 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48346

Actions (login required)

View Item View Item