Hubungan antara Pendidikan Moral oleh Orang Tua dengan Perilaku Moral Anak Usia Dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat.

Fitriana, Liza (2023) Hubungan antara Pendidikan Moral oleh Orang Tua dengan Perilaku Moral Anak Usia Dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_04_LIZA_FITRIANA_19005022_6270_2023.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku moral anak usia dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini diduga karena pendidikan moral oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan pendidikan moral oleh orang tua, (2) menggambarkan perilaku moral anak usia dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat, dan (3) melihat hubungan antara pendidikan moral oleh orang tua dengan perilaku moral anak usia dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tujuan untuk mengungkap hubungan pendidikan moral oleh orang tua dengan perilaku moral anak usia dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 76 orang dan 60% dijadikan sampel yaitu 46 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendidikan moral oleh orang tua tergolong kurang baik, (2) perilaku moral anak usia dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat tergolong kurang baik, dan (3) terdapat hubungan signifikan antara pendidikan moral oleh orang tua dengan perilaku moral anak usia dini di Jorong Tanjuang Pangka Kabupaten Pasaman Barat. Saran penelitian ini adalah: (1) orang tua agar lebih mengoptimalkan pendidikan moral kepada anak-anaknya terutama pada anak usia dini, (2) diharapkan kepada lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) agar meningkatkan kemampuan orang tua dalam memberikan pendidikan moral kepada anaknya, dan (3) diharapkan pada peneliti selanjutnya agar meneliti variabel lain yang berhubungan dengan perilaku moral anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan moral, perilaku moral
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:10
Last Modified: 20 Nov 2023 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48345

Actions (login required)

View Item View Item