Hubungan antara Kompetensi Kepribadian Tutor dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sentosa Hati Kota Padang.

Putra, Kelvin Pratama (2023) Hubungan antara Kompetensi Kepribadian Tutor dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sentosa Hati Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_04_KELVIN_PRATAMA_PUTRA_18005071_4604_2023.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Biologi Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sentosa Hati Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk (1). menggambarkan kompetensi kepribadian tutor, (2). menggambarkan hasil belajar Biologi, (3). melihat hubungan antara kompetensi kepribadian tutor dengan hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran Biologi pada Paket C di PKBM Sentosa Hati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik pada Mata Pelajaran Biologi di PKBM Sentosa Hati berjumlah 30 orang dan Sampel yang di ambil 70 persen dari jumlah populasi yaitu 21 orang. Penentuan sampel menggunakan Teknik Random Sampling. Pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian tutor pada Paket C tergolong rendah, dan hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran Biologi masih rendah, dan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian tutor dengan hasil belajar Biologi pada Paket C di PKBM Sentosa Hati Kota Padang. Diharapkan untuk tutor dapat mengembangkan kompetensi kepribadiannya dalam pembelajaran Biologi agar tercapainya hasil belajar peserta didik yang lebih baik lagi, diharapkan kepada tutor untuk mengembangkan kompetensi yang ia miliki agar menjadi contoh yang baik bagi peserta didik, dan diharapkan penelitian selanjutnya agar mampu mengidentifikasi variabel lain yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:10
Last Modified: 20 Nov 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48343

Actions (login required)

View Item View Item