Faradisa, Nurul Hayi (2023) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
B.1_03_NURUL_HAYI_FARADISA_18004032_5550_2023.pdf Download (828kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi Kelas X SMA, agar menghasilkan suatu media video pembelajaran yang valid dan layak digunakan oleh guru dan siswa. Video pembelajaran ini diharapkan bisa membantu siswa untuk lebih mudah belajar dan memahami materi pelajaran yang disampaikan saat proses pembelajaran. Terutama pada materi pelajaran Biologi yang sulit dan harus menampilkan sebuah visual seperti materi Perubahan Lingkungan ini. Karena pada dasarnya pelajaran Biologi ini cenderung bersifat visual, harus memahami konsep yang ada di dalamnya, dan mengamati prosesnya seperti gambaran tentang makhluk hidup, lingkungan, kehidupan, maupun gejala alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Uji validitas produk yang dikembangkan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator media, dan satu orang validator materi. Uji coba atau praktikalitas produk dilakukan kepada siswa kelas X SMA dengan jumlah 34 orang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi kelas X SMA yang telah dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, lembaran angket, dokumentasi, dan format penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dari validasi ahli materi dikategorikan “Sangat Valid” dengan diperoleh skor rata-rata 4,83 sehingga materi dinyatakan layak untuk digunakan. Dan hasil dari validasi ahli media I dikategorikan “Sangat Valid” dengan diperoleh skor rata-rata 4,94 dan validasi ahli media II dikategorikan “Sangat Valid” dengan diperoleh ratarata 4,88 sehingga media dikategorikan layak untuk diuji cobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas siswa dikategorikan “Sangat Praktis” dengan skor rata-rata 4,54. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi kelas X SMA layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, ADDIE, Biologi | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2023 01:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2023 01:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48339 |
Actions (login required)
View Item |