Efektivitas Permainan Teka-teki Silang terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang.

Aulia, Hasnatul (2023) Efektivitas Permainan Teka-teki Silang terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_HASNATUL_AULIA_19022087_3500_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang, anak masih merasa kesulitan membedakan antara pengucapan dan tulisan pada bahasa Inggris karena guru hanya menyebutkan kosakata tersebut lalu diulangi oleh anak, sehingga anak tidak mengerti bagaimana ejaan penulisan kata tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui seberapa besar efektivitas permainan teka-teki silang terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan murid Taman kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Purposive sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B3 masing-masing berjumlah 16 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kemudian diolah dengan uji t (t-test) dan dilanjutkan dengan Effect Size. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan teka-teki silang efektif dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan permainan tebak gambar. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05. Perolehan effect size sebesar 3,67 disimpulkan termasuk dalam kategori kuat, dengan demikian penggunaan permainan teka-teki silang dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlina, SerliUNSPECIFIED
CorrectorSyofriend, YulUNSPECIFIED
CorrectorSaridewi, SaridewiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:08
Last Modified: 20 Nov 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48337

Actions (login required)

View Item View Item