Aulia, Hasnatul
(2023)
Efektivitas Permainan Teka-teki Silang terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di Taman Kanak-kanak
Uswatun Hasanah Kota Padang, anak masih merasa kesulitan membedakan antara
pengucapan dan tulisan pada bahasa Inggris karena guru hanya menyebutkan
kosakata tersebut lalu diulangi oleh anak, sehingga anak tidak mengerti
bagaimana ejaan penulisan kata tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
mengetahui seberapa besar efektivitas permainan teka-teki silang terhadap
pengenalan kosakata bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Uswatun
Hasanah Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah keseluruhan murid Taman kanak-kanak Uswatun Hasanah
Kota Padang dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Purposive
sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B3 masing-masing berjumlah 16
orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kemudian diolah dengan
uji t (t-test) dan dilanjutkan dengan Effect Size.
Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
permainan teka-teki silang efektif dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris
anak di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang dibandingkan
dengan kelas kontrol yang menggunakan permainan tebak gambar. Berdasarkan
nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05. Perolehan effect size sebesar 3,67
disimpulkan termasuk dalam kategori kuat, dengan demikian penggunaan
permainan teka-teki silang dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak
di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Kota Padang efektif digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |