Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivis Di Kelas IV SD Negeri 08 Gadut Kabupaten Agam

Handoko, Bagus Tri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivis Di Kelas IV SD Negeri 08 Gadut Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_BAGUS_TRI_HANDOKO_1304940_2044_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 08Gadut kurang mengaktifkan pengetahuan yang sudah ada pada siswa sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan pendekatan konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 08 Gadut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV SDN 08GadutKabupaten Agam. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan dan hasil tes siswa yang diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Siklus I RPP 82,10%, aktifitas guru 81,25% (baik), aktifitas siswa 75 % (baik), dan hasil belajar siswa 81,25 dengan presentase ketuntasan 68,5%, b) Siklus II RPP 92,85% (sangat baik), aktifitas guru 95% (sangat baik), dan hasil belajar siswa 91.00 dengan presentase ketuntasan 91%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:07
Last Modified: 20 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48332

Actions (login required)

View Item View Item