Model Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Juara Padang Panjang

Safitri, Melda (2023) Model Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Juara Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MELDA_SAFITRI_19329029_5403_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan bagian terpenting di dalam kehidupan manusia. Akhlak tidak akan tercipta dengan sendirinya, akan tetapi dapat melalui proses pembentukan akhlak. Pembentukan akhlak ini bertujuan untuk membentuk perangai peserta didik agar senantiasa melakukan perbuatanperbuatan baik dan menjauhi perbuatan buruk. Salah satu sekolah yang menawarkan penekanan kepada pendidikan akhlak ialah SDIT Juara Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Model pembentukan akhlak peserta didik melalui keteladanan di SDIT Juara Padang Panjang, 2) Model pembentukan akhlak peserta didik melalui pembiasaan di SDIT Juara Padang Panjang, 3) Model pembentukan akhlak peserta didik melalui pemberian ganjaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber diambil dari 9 informan melalui wawancara kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Untuk memperoleh data peneliti, peneliti menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi sebagai instrumen penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa model pembentukan akhlak peserta didik yang telah dilaksanakan di SDIT Juara Padang Panjang, yaitu: 1) Model keteladanan (yaitu seorang guru terlebih dahulu menjadi seorang teladan bagi peserta didik dalam berakhlak mulia baik itu keteladanan dalam kedisiplinan, bersikap, berkomunikasi dan berpakaian), 2) Model pembiasaan (yaitu pada model ini pembentukan akhlak berbentuk kegiatan-kegiatan rutin, spontan, pemberian teladan, dan kegiatan terprogram yang dilaksanakan di sekolah), 3) Model pemberian ganjaran berupa apresiasi atau hadiah dan hukuman bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, RidoUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, EdiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:39
Last Modified: 17 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48318

Actions (login required)

View Item View Item