Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 04 Cubadak Air

Olivia, Vini (2023) Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 04 Cubadak Air. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_VINI_OLIVIA_18129326_3756_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar siswa, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa, dan kurang memberikan permasalahan kepada siswa. Akibatnya siswa didalam kelas terlihat kurang mampu dalam menentukan masalah dan cara penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini didahului dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian siklus I pada aspek RPP rata-rata 76,78% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 80,35% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktifitas siswa rata-rata 78,58% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 67,99 (kurang), meningkat pada siklus II menjadi 80,4 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:39
Last Modified: 17 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48317

Actions (login required)

View Item View Item