Nisa, Nadiva Khairul
(2023)
Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan multimedia interaktif pada proses belajar mengajar dikarenakan tidak adanya pembaharuan terhadap media bahkan untuk beberapa materi pembelajaran, media pembelajaran tidak tersedia. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada Pembelajaran Tematik Terpadu tema 7 subtema 2 yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik instrument yang digunakan dalam penelitian ini lembar validasi berstandar BSNP yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan pengembangan media dan angket respon peserta didik. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator media dan satu validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik kelas IV SD Negeri 44 Mandau. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran oleh validator media 1 diperoleh 91% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil penilaian validator media 2 diperoleh 99% dengan kategori “Sangat Valid”. Dan penilaian oleh validator materi pada aspek kelayakan isi, penyajian, dan evaluasi diperoleh 93% dengan
kategori “Sangat Valid” . Hasil uji praktikalitas kepada peserta didik terhadap multimedia interaktif dari aspek kemudahan penggunaan, materi, dan manfaat dapat dijelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh peserta didik diperoleh hasil 96% yang dikategorikan “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis canva pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar
layak digunakan dalam proses pembelajaran
Actions (login required)
|
View Item |