Pengembangan E-Modul Pada Metode Discovery Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 1 Sutera.

Yozandra., Mayang (2023) Pengembangan E-Modul Pada Metode Discovery Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 1 Sutera. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_03_MAYANG_YOZANDRA_18004192_ 5444_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan e-modul pada Metode Discovery Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Sutera dilakukan sebagai upaya dalam proses belajar mengajar yang diterapkan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah, Materi banyak yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata harus dengan gambar, video dan audio menjadi permasalahan yang ditemukan sehingga proses belajar bersifat konvensiaonal. Sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar yang menarik dan mudah diperoleh peserta didik yaitu bahan ajar berbasis teknologi yang mudah diakses dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik berupa e-modul. Pengembangan membuat e-modul ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul yang valid, praktis dan efektif terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & depelopment), model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 orang validator yang terdiri dari satu orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji praktikalitas produk dilakukan kepada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sutera dengan jumlah 21 siswa. Uji efektivitas di ukur dengan menggunakan soal pretest dan postest. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi rata-rata 4,87 dari skala 5,0 dikategorikan sangat baik, hasil validasi dari ahli media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,43 dari skala 5,0 dikategorikan sangat baik dan hasil validitas dari ahli media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,5 dari skala 5,0 dikategorikan sangat baik. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 4,56 dari skala 5,0 dikategorikan sangat praktis. Hasil uji efektivitas didapat thitung sebesar 4,809, kemudian dilihat ttabel menggunakan tabel t dengan df = N-1 = 21-1 = 20 dengan α 0,05 maka ttabel adalah 0,4227. Jadi, thitung>ttabel, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas dan efektivitas dapat disimpulkan bahwa e-modul pada metode Discovery Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Discovery Learning, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:38
Last Modified: 17 Nov 2023 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48309

Actions (login required)

View Item View Item