Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 6 Padang

Putri, Fini Arisa (2023) Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_FINI_ARISA_PUTRI_18052009_5958_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan penerapan keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 6 Padang dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 6 Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan, dari orang-orang yang diamati. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Padang. Informan dalam penelitian ini yaitu, 2 orang guru PPKn dan 6 orang peserta didik SMAN 6 Padang. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling, didasarkan atas ciriciri/kriteria-kriteria tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan informasi yang diketahui sebelumnya. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan, diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, guna untuk mengecek dan membandingkan infromasi yang diperoleh dari informan yang telah diobservasi dan diwawancarai oleh peneliti selama di lapangan. Kemudian, peneliti melakukan reduksi data, proses pemilihan, pemusatan dan penyederhanaan data kasar yang muncul karena catatan lapangan, selanjutnya peneliti menyajikan data dengan menggunakan teks bersifat naratif yang dapat dipahami oleh pembaca, terakhir peneliti melakukan verifikasi serta menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan dasar mengajar guru membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, dan mengelola kelas dalam pembelajaran PPKn di SMAN 6 Padang cukup terlaksana dengan baik dan guru sudah melakukannya sesuai dengan komponen yang ada. Tetapi, masih ada beberapa indikator yang terkadang tidak terlaksanakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran PPKn di SMAN 6 Padang ada faktor pendukung, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, meliputi semangat dalam menjalankan tugas dan latar belakang pendidikan serta faktor eksternal, meliputi suasana/kondisi kelas dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran dan kesulitan dalam memahami perbedaan karakteristik peserta didik. Sekolah seharusnya bisa memotivasi guru serta melengkapi perlengkapan kegiatan pembelajaran. Guru juga hendaknya berusaha meningkatkan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran, tujuannya agar dapat terarah dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, IdealUNSPECIFIED
CorrectorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
CorrectorHasrul, HasrulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:36
Last Modified: 17 Nov 2023 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48299

Actions (login required)

View Item View Item