Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Aplikasi Wordwall dalam Penguasaan Materi Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Pembangunan UNP

Cantika, Dwi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Aplikasi Wordwall dalam Penguasaan Materi Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Pembangunan UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_DWI_CANTIKA_18058191_6737_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep peserta didik yang dilihat berdasarkan hasil belajar peserta didik yang disebabkan kurang efesiennya penggunaan media pembelajaran evaluasi yang akhirnya membuat peserta didik tidak dapat berinteraksi dengan masalah-masalah pada soal yang telah diberikan oleh guru, selain itu model pembelajaran kooperatif yang digunakan oleh guru belum optimal sehingga membuat antusias peserta didik selama proses belajar mengajar yng berlangsung di dalam kelas mejadi rendah. Peserta didik didalam kelas berperan sebagai hanya pendengar sehingga penguasaan materi terbatas yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan aplikasi wordwall pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS 2 di SMA Pembangunan UNP. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research classroom) dengan analisis deskriptif yang diperoleh dari hasil angket, tes pretest dan posttest dan hasil penilaian oleh observer pada lembar observasi. Untuk melihat terjadinya peningkatan penguasaan konsep pada penelitian ini menggunakan mean dan persentase yang dilihat pada hasil belajar siswa mulai dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan konsep yang diperoleh dari soal pretest dan posttest dilihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan mean 81,41 dengan persentase peserta didik yang lulus indeks KKM sebesar 71%, sedangkan pada siklus II mendapatkan mean 83,6 dengan persentase peserta didik yang lulus sebanyak 81%. Hal ini menunjukkan tingkat pencapaian selama berlangsungnya penelit ian “sangat baik”. Jadi dapat disimpulkan peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan antusias mengerjakan soal yang diberikan mengerjakan soal yang diberikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth berbasis aplikasi wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:36
Last Modified: 17 Nov 2023 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48297

Actions (login required)

View Item View Item