Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Fruit Sando Melalui Model Explicit Instruction Pada Anak Tunarungu ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SLB Perwari Padang ).

Meidisty, Chintya (2023) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Fruit Sando Melalui Model Explicit Instruction Pada Anak Tunarungu ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SLB Perwari Padang ). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_02_CHINTYA_MEIDISTY_19003051_6088_2023.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Perwari Padang pada anak tunarungu kelas VII dengan inisial S dan SA yang mengalami masalah pada pembelajaran keterampilan vokasional khususnya pada bidang tata boga.Salah satu makanan yang dipelajari anak adalah Fruit sando.Fruit sando adalah jenis makanan sehat yang terbuat dari buah, krim dan roti. Sebelumnya guru memberikan pembelajaran keterampilan vokasional khusus nya pada bidang tata boga melalui model pembelajaran demonstrasi dan metode ceramah sehingga dalam proses pembelajaran kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan vokasional membuat Fruit sando melalui model pembelajaran explicit instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian tindakan kelas terdiri dari II siklus.Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 8 Mei – 19 Mei 2023 yang terdiri dari dua siklus, di SLB Perwari Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses pembelajaran keterampilan vokasional dalam membuat Fruit sando untuk anak tunarungu kelas VII dilakukan melalui model explicit instruction. 2) Kemampuan keterampilan vokasional membuat Fruit sando bagi anak tunarungu kelas VII meningkat melalui model explicit instruction.Hal ini dapat dilihat dari data sebelum diberikan tindakan kemampuan vokasional membuat Fruit sando yaitu siswa S mendapatkan (50%) dan S (45%). Sedangkan pada siklus I kemampuan SA (67,5%) dan S (62,5%) meningkat walaupun belum maksimal. pada siklus II kemampuan SA (92,5%) dan S (90%) . Maka dapat disimpulkan melalui model explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan vokasional membuat Fruit sando.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tunarungu, keterampilan vokasional membuat Fruit sando, model explicit instruction
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:19
Last Modified: 16 Nov 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48293

Actions (login required)

View Item View Item