Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Di Kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi

Aurellia, Tifanny Reski (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Di Kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_TIFANNY_RESKI_AURELLIA_18129322_126_2023.pdf

Download (963kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran tematik terpadu yang diperoleh peserta didik di IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi belum maksimal. Ini disebabkan karena pembalajaran tidak terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Pendekatan yang dogunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi dengan 17 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran,pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 84,09% (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 95,45% (A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,5% (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (A). Aspek siswa pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,5% (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,93 (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,26 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:18
Last Modified: 16 Nov 2023 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48290

Actions (login required)

View Item View Item