Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Silvia Yerika (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SILVIA_YERIKA_PUTRI_18129081_486_2023.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum berpusat pada peserta didik, pembelajaran yang disajikan kurang menyajikan konsep secara utuh dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah atau belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 80,55%, siklus II meningkat menjadi 94,44%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 82,14%, siklus II meningkat menjadi 96.42%. (3) Penilaian rata-rata aspek peserta didik siklus I adalah 82,14%, siklus II meningkat menjadi 96.42%. (4) Penilaian rata-rata pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 79,56, siklus II meningkat menjadi 87,09. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada tematik terpadu kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kabupaten Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:05
Last Modified: 16 Nov 2023 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48286

Actions (login required)

View Item View Item