Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat

Aulia, Reski Yesma (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RESKI_YESMA_AULIA_19129057_1744_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V sebanyak 29 orang, yang terdiri dari 17 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 88,37% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35% (B), meningkat pada siklus II 92,85% (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 80,35% (B), meningkat pada siklus II 92,85% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,67 (K) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,19 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:14
Last Modified: 15 Nov 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48277

Actions (login required)

View Item View Item