Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman

Fauzi, Resti (2023) Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RESTI_FAUZI_19016043_5430_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman sebelum menggunakan metode SQ4R. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman sesudah menggunakan metode SQ4R. Ketiga, menganalisis pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Poulasi tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 131 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks berita sebelum menggunakan metode SQ4R dan keterampilan membaca pemahaman teks berita sesudah menggunakan metode SQ4R. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman teks berita sebelum dan seduah menggunakan metode SQ4R. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks berita sebelum menggunakan metode SQ4R siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 64,42. Kedua, keterapilan membaca pemahaman teks berita sesudah menggunakan metode SQ4R siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 76,52. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H1) diterima dengan taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (n-1) karena thitung > ttabel (10,13 >1,70). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu terdapat pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:42
Last Modified: 14 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48267

Actions (login required)

View Item View Item